Relief pada Kulit  

Posted in

Siapa sangka, kulit pun bisa menjadi media yang lapang untuk relief fungi. Seni menatto atau menggambar tubuh tidak hanya dikuasai manusia. Jamur pun bisa melakukannya. Jenis kelompok tumbuhan bersel satu ini bahkan mampu menciptakan gambar timbul yang absurd dan mengerikan. Gambar-gambar itu bisa ada di wajah yang berlekuk, punggung yang lebar, leher yang tegak, kaki yang bersepatu, bahkan di lipatan kulit alat kelamin. Berikut gambar-gambar dimulai dari skala penyakit kulit paling sederhana hingga luar biasa kronis.



(Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang dianggap remeh namun sering membuat malu korbannya. Apalagi jika berbercak di wajah. Sungguh, lebih bergengsi berjerawat daripada panuan.)






(Siapa musuh bebuyutan wanita? Yup, jerawat dapat menjadi suatu problem gawat darurat yang mudah ditemui hingga era milenium ini. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan, siklus hormon, atau pola makan, dan polusi adalah faktor penyebabnya. Hampir semua pelanggan di beauty center pernah mengonsultasikannya dengan mimik muka serius. Dan semua produk kecantikan memiliki spesialisasi tentang cara ampuh menghilangkan jerawat.)





(Kalvus alias mata ikan alias caplak memang salah satu penyakit yang jarang ditemui dewasa ini. Penebalan kulit yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri ini bahkan bisa membuat kaki berlubang meski tidak permanen. Untuk mencegah mata ikan timbul kembali, pakailah sepatu dengan bantalan telapak kaki yang baik, jaga berat badan ideal, dan pilih alas kaki yang sesuai.)





(Kadas atau kurap penyebabnya adalah Trichophyton. Infeksi biasanya menyebabkan bercak pink sampai merah yang kadang berbentuk bundar dan jernih tengahnya.)





(Kutu air merupakan suatu infeksi jamur yang biasanya muncul pada cuaca panas/hangat. Biasanya disebabkan jamur yang bisa tumbuh di daerah yang lembab dan hangat, dan di sela-sela jari-jari kaki.) 




(Tahukah kamu? Bahasa Inggris kurap adalah ringworm. Sebutan ini berasal dari kepercayaan awal bahwa infeksi itu disebabkan oleh parasit (cacing).Kebingungan lebih lanjut berasal dari istilah medis untuk nama latin tinea, yang merujuk pada arti 'cacing tumbuh.' Gambar di atas adalah bukti bahwa kurap bisa mengganas dan menyeramkan. Berhati-hatilah.)




(Vitiligo. Kelainan kulit yang bersifat kronis progresif. Banyak hipotesis mengenai peyebab penyakit ini. Berupa gangguan pigmentasi dengan gambaran berupa bercak-bercak putih yang berbatas tegas. Penyebabnya bisa jadi ada riwayat keluarga, genetik, trauma fisik (burn/terbakar, zat kimia), penyakit interna (DM, tiroid), serta penyakit otoimun.)


Jadi, Pernahkah Anda mengalami penyakit-penyakit di atas? Saya harap, tidak.


Salam Herbal, :)
Always Take Care ya..

This entry was posted at 04.46 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar