Tiga Macam Kanker Kulit  

Posted in


     Kanker adalah salah satu penyakit modern yang seolah telah menjadi momok masyarakat. Bayangan berujung pada kematian biasa terjadi di setiap orang yang terkena kanker. Efek gas rumah kaca yang menyebabkan ozon bumi berlubang berdampak langsung dengan bertambahnya aneka ragam kanker. Kanker kulit adalah penyakit yang semakin umum ditemui, dan sebagian disebabkan meningkatnya kontak langsung terhadap radiasi ultraviolet.
     Fenomena ini juga didukung oleh budaya orang barat yang gemar berjemur di pantai. Mereka yang merindukan hangatnya sinar matahari, seringkali lalai akan resiko terkena penyakit ini. Bermacam macam lotion semacam sunblock alias tabir surya dijual di supermarket. Istilah sunbathing yang semakin populer memang sering dilakukan orang kulit putih yang sering tergiur dengan kulit gelap yang eksotis. Padahal mereka yang mempunyai kadar pigmen rendah lebih mudah terkena kanker daripada orang kulit hitam.

Ada banyak jenis kanker kulit, namun ada 3 jenis yang paling umum yaitu sebagai berikut:

Basal Cell Carcinoma (BCC)
Ini adalah jenis kanker kulit yang paling umum. Ada risiko yang lebih besar bagi individu yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit tersebut dan orang-orang yang sering bersentuhan langsung dengan sinar UV melalui sinar matahari, atau mungkin di masa lalu pernah terkena bahan kimia terutama arsenik.
Sebuah metode yang umum dari operasi adalah electrodessication dan kuretase (ED & C). Pengobatan lain untuk jenis kanker kulit meliputi kemoterapi topikal, x-ray, cryosurgery, terapi photodynamic, atau obat topikal peningkat kekebalan tubuh seperti Imiquimod. Jenis kanker kulit ini tidak sampai mengancam jiwa tapi jika tidak ditangani dapat menyebabkan perubahan bentuk, perdarahan, dan menghasilkan kerusakan lokal di beberapa bagian seperti, telinga hidung mata, dan bibir.

Karsinoma Sel Skuamosa (SCC)
Jenis kanker kulit ini adalah tumor ganas dari epitel yang menunjukkan diferensiasi sel skuamosa. Ini adalah bentuk dari  kanker jenis karsinoma yang mungkin terjadi dalam berbagai organ termasuk kulit, mulut, kerongkongan, paru-paru dan leher rahim. Squamous cell carcinoma biasanya dikembangkan dalam lapisan epitel kulit dan terkadang di berbagai selaput lendir tubuh. Jenis kanker ini dapat dilihat di kulit, bibir, di dalam tenggorokan, mulut dan kerongkongan, dan ditandai dengan kulit bersisik merah yang menjadi luka terbuka. Merokok merupakan faktor risiko yang signifikan dari penyakit ini.
Faktor risiko lainnya mencakup seringnya bersentuhan langsung dengan sinar matahari, terapi radiasi, paparan karsinogen, iritasi kulit kronis atau peradangan, penyakit genetika, dan adanya lesi premaligna. Untuk mendiagnosa penyakit ini, dilakukan biopsi di mana sampel dari jaringan kulit yang terkena   diambil dan diperiksa di bawah mikroskop, dan jika ditemukan kanker, operasi akan dilakukan untuk menghilangkannya.

Melanoma
Jenis kanker kulit ini adalah jenis yang paling mematikan. Melanoma adalah tumor ganas pada melanosit. Melanosit terutama terjadi pada kulit tetapi juga bisa ditemukan di tempat lain, terutama di mata. Sebagian besar melanoma berasal dari kulit. Seperti kebanyakan bentuk kanker, deteksi dini penyakit pada pasien memberikan kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup. Telah ditemukan dalam penelitian bahwa paparan radiasi ultraviolet adalah salah satu kontributor utama perkembangan melanoma.
Faktor-faktor lain yaitu mutasi atau kehilangan seluruh gen supresor tumor. Sebuah keluarga yang memiliki riwayat melanoma memberikan kemungkinan yang sangat besar untuk meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker melanoma ini.
Setiap tahi lalat yang tidak teratur dalam warna atau bentuk harus diperiksakan ke dokter untuk menentukan apakah itu merupakan melanoma ganas yakni  bentuk kanker kulit yang paling serius dan mengancam nyawa atau bukan. Diagnosis melanoma membutuhkan pengalaman, sebagai tahap awal mungkin terlihat seperti sebuah tahi lalat yang tidak berbahaya atau tidak memiliki warna sama sekali. Pengobatan kanker kulit jenis ini meliputi operasi, pengobatan atau kemoterapi, radiasi dan terapi lain.

Demikian penjelasan dari tiga jenis kanker di atas. Selanjutnya, selalu pakai tabir surya jika hendak berlibur ke pantai.






Salam Herbal, J

This entry was posted at 05.24 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar